Header AD

Review ASUS ZenFone Zoom S : Smartphone Dual Camera Mumpuni di Kelasnya

Halo sob , kali ini saya mau share pengalaman menggunakan ASUS ZenFone Zoom S. Nah penasaran ? Langsung aja cekidot..



Info Smartphone : Review ASUS ZenFone Zoom S

Saat ini sob salah satu pertimbangan utama sebelum memutuskan membeli gadget, Kamera smartphone dengan kualitas mumpuni dan lebih baik pun kini menjadi wajib banget. Momen momen terbaik tak boleh terlewatkan dan bisa diabadikan dengan sempurna.

PixelMaster 3.0 ada di ASUS ZenFone generasi ketiga (ASUS ZenFone 3). PixelMaster 3.0 memiliki teknologi fokus laser secepat 0.03 detik, serta teknologi penstabil gambar dengan kompensasi lensa di 4sumbu (axis) untuk menstabilkan 8 arah gerakan kamera. Di bagian sensor, dilengkapi teknologi Deep Trench Isolation untuk memisahkan spektrum cahaya ke filter warna yang sesuai di sensor, kemampuan koreksi warna sesaat setelah foto direkam dan fitur pengambilan video resolusi 4K.

Perlun sobat ketahui ZenFone Zoom S adalah penyempurnaan dari ZenFone Zoom yang telah hadir sebelumnya namun dengan teknologi baru yang lebih efisien. Ponsel ini menggunakan dua lensa bisa foto dengan sudut lebar / sudut pandang lebih luas atau foto dengan ngezoom yang tetap detail.

Material Metal , Terlindungi Corning Gorilla Glass 5 , Layar 2.5D

ASUS Zenfone Zoom S ini sudah didukung layar 2.5D lengkap lapis kaca Corning Gorilla Glass berdesain 2.5D , menggunakan material metal (aluminium). ASUS ZenFone Zoom S tampil elegan sekaligus lebih kokoh dan kuat menahan berbagai tantangan benturan. Sentuhan warna Navy Black  makin menguatkan kesan elegan si gadget ini.

Desain Lebih Premium

Smartphone ini hadir dengan ukuran layar 5.5 inci. Screen to body ratio mencapai 76.5% terasa pas digenggam tapi tetap pas saat masuk ke saku celana atau baju dengan mudah.

Muka depannya simpel, ada 3 tombol navigasi di bawah layar yang telah didukung Gorilla Glass 5 2.5D. Kamera depan 13 megapiksel, LED indikator, dan speaker diletakkan di bagian atas. Di sisi belakang ada sistem dual kamera diletakkan di bagian kiri atas perangkat, sementara flash LED DualTone dan sensor laser diletakkan tepat di bawah kamera. Bagian tengah hanya terdapat sensor sidik jari.  

Sisi sebelah kanan (dari arah depan), ada tombol volume up, down dan tombol power. Ada juga slot kartu SIM dan kartu memori. ASUS Zenfone Zoom S menggunakan sistem hybrid untuk slot kartu SIM dan memori.

Layar AMOLED untuk Tampilan Terbaik

ASUS Zenfone Zoom S didukung layar AMOLED resolusi Full HD (1920 x 1080) kecerahan 500nits dengan Screen to body ratio 76.5% ini membuat warna di gambar dan foto yang ditampilkan layar ZenFone Zoom S akan terlihat lebih sempurna dan alami. Layar AMOLED ini juga dikenal sebagai teknologi hemat daya.

Foto Fisik ASUS Zenfone Zoom S
















Dual 12 Megapiksel Kamera


Perlu sobat ketahui ASUS Zenfone Zoom S menggunakan 2 kamera dengan 2 lensa yang memiliki ukuran berbeda , Lensa sebelah kiri berukuran 25mm untuk menangkap foto sudut lebar sampai 82 derajat. Dengan bukaan rana maksimum f/1.7 lensa ini pas untuk berfoto di ruang minim cahaya atau bahkan di ruang gelap sekalipun.

Selain itu didukung teknologi SuperPixel. Sudah lengkap dengan fitur OIS yang bisa bergerak ke 4 sumbu (axis). Dengan fitur ini guncangan tangan bisa diminimalkan ketika foto diambil. Lensa sebelah kanan foto ngezoom. Lensa ini berukuran 56mm, dan bisa melakukan pembesaran optis 2,5 kali dari lensa lebar di sebelah kirinya. Lensa ini pas untuk mode portrait atau close up karena efek depth of field.

Menggunakan Sensor Canggih

ASUS ZenFone Zoom S didukung teknologi sensor Sony IMX362 yang merupakan salah satu jenis sensor terbaik di dunia fotografi mobile. Sensor ini memiliki ukuran 1/2.55 inci, salah satu sensor terbesar yang diadopsi kamera smartphone saat ini. Sensor besar akan berpengaruh pada banyak cahaya dan noise yang akan dihasilkan foto nantinya.

Sony IMX362 ini memiliki ukuran piksel hanya sebesar 1,4 mikron. Ukuran piksel yang makin kecil berarti makin banyak elemen gambar yang bisa menangkap foton cahaya sehingga kinerja kamera di tempat minim cahaya akan lebih baik.

Fitur RGB color correction pada sensor ini juga membantu menghasilkan foto dengan warna yang lebih alami. Dengan fitur ini, kamera akan mendeteksi jenis dari cahaya yang ditangkap lalu melakukan pengaturan terbaik untuk mencapai keseimbangan terbaik berdasarkan warna alami.

Mendukung resolusi rekam video 4K/UHD alias 3840 x 2160. Saat merekam video 4K ini perangkat juga akan meredam guncangan kamera secara elektronik (Electronic Image Stablization) untuk memastikan video tetap stabil.

Fokus Super Cepat

Fokus ZenFone Zoom S jauh lebih gesit dan lebih baik. Bersama dengan fokus laser, juga ditemani teknologi Dual Pixel Phase Detection Auto Focus (PDAF). Teknologi yang sering ditemui di kamera DSLR ini memanfaatkan sensor utama untuk melakukan deteksi jarak obyek terhadap kamera. Mirip yang dilakukan mata kita ketika mencari fokus dari obyek yang dilihat.

Salah satu kehebatan dari fokus PDAF ini adalah saat menangkap obyek bergerak, di mana kamera bisa secara otomatis mengunci fokus mengikuti obyek utama yang dibidik. Ini sangat membantu ketika pengguna membidik obyek bergerak cepat saat memotret atau merekam video. Teknologi Dual Pixel PDAF, fokus laser dan fokus penjejak obyek bergerak disatukan dalam teknologi bernama ASUS TriTech+ Technology.

Mode Manual

Dengan fitur manual, sobat bisa mengubah banyak setting kamera seperti ISO, jarak fokus, kecepatan bukaan rana, white balance, termasuk nilai exposure dari kamera.  Kecepatan rana maksimum misalnya yang bisa mancapai 1/16000 dengan waktu telama sampai 32 detik. Shutter speed cepat tentu sangat berguna untuk membekukan obyek yang bergerak cepat, sementara shutter speed lambat dapat dipakai untuk membuat efek foto yang menarik utamanya saat malam hari. Pengaturan antara lensa wide dan zoom juga bisa diatur di mode manual.

Di menu setting, bisa mengubah saturasi, kontras, ketajaman gambar, tingkat pengurangan noise, kompensasi backlight sampai penyempunaan detail. Sobat bisa memilih untuk mengambil foto dalam moda RAW (mentah). ASUS ZenFone Zoom S menghasilkan file RAW berformat DNG (Digital Negative) yang dikebangkan oleh Adobe.

Ragam Moda Foto

Selain moda otomatis dan manual, ada pilihan 17 moda foto yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Mulai dari HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion dan Time Lapse.

13MP untuk Berselfie Ria

Kamer depan ASUS Zenfone Zoom S didukung kamera beresolusi 13MP dengan sensor Sony IMX214. Sensor ini dipasangkan dengan lensa yang memiliki bukaan (apertur) f/2.0 untuk memastikan kinerja low light terbaik.

Ada fitur selfie Panorama dengan fitur ini, bisa mengambil foto wefie dengan banyak teman dengan sudut pengambilan yang mencapai 140 derajat. Beberapa fitur lain seperti Night, Slow Motion, GIF Animation, Effect, HDR Pro, dan Beautification juga tersedia di kamera depan.

Tenaga yang Efisien

Zenfone Zoom S ini didukung dengan prosesor QualComm Snapdragon 625 8 inti berkecepatan 2 GHz. Prosesor ini memiliki proses produksi 14nm yang artinya memiliki kinerja lebih baik dengan konsumsi daya yang 35% lebih hemat. Sisi dapur pacunya berpadu dengan dengan memori 4GB. Di sisi grafis, Adreno 506 dipercaya untuk menangani berbagai render grafis baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Benchmark
Score
3D Mark (Sling Shoot Extreme)
467
3D Mark (Ice Storm Unlimited)
13771
Geekbench 4 Single Core
854
Geekbench 4 Multi Core
4172
NenaMark 2
59.8 FPS
Quadrant Standard
36728 (CPU: 162309, Mem: 10854, I/O: 7708)
Antutu Benchmark v6.2.7
62474
 


ASUS ZenFone Zoom S punya fitur ekstra yaitu kemampuan Dual SIM Dual Active. Dengan fitur ini, kedua SIM bisa bekerja menerima panggilan telepon sekalipun SIM pertama atau kedua sedang aktif bertelepon. Fitur lain adalah dukungan standar 4G dan 3G di SIM pertama dan kedua. Sebagai informasi, smartphone umumnya hanya menyediakan jaringan 4G di SIM pertama dan 2G di SIM lainnya.

Daya Tahan Lebih Lama
Zenfone Zoom S didukung dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Walaupun kapasitas baterai besar , ketebelan kurang dari 8mm saja dan bobot total perangkat 170 gram.

Saat mengisi ulang penuh baterai dan menggunakannya seperti penggunaan normal sehari-hari, misalnya melakukan chatting via aplikasi WhatsApp, menjelajah web, mendengar musik, sampai memutar film (sekitar 5 menit) . Dari kapasitas baterai 15%, butuh sekitar 4 sampai 5 jam agar baterai ZenFone Zoom S ini penuh (100%).

Terasa cukup lama memang, namun waktu isi ulang sudah memuaskan dengan daya tahan baterai ini yang benar – benar bandel. Total hampir 2 hari lebih ZenFone  Zoom S mampu bertahan. Ini dalam setelan Power Management Normal. Mungkin jiks diubah ke Power Saving, waktu pakai perangkat bisa tembus 3 hari.

ASUS Zenfone Zoom S ini bisa difungsikan sebagai power bank untuk smartphone lain. Sobat cukup menggunakan kabel USB OTG dari ZenFone Zoom ke perangkat lain yang akan diisi ulang.













Speaker Hebat dengan 5 Magnet

ZenFone Zoom S, ASUS menggunakan speaker dengan konstruksi 5 yang ditenagai oleh NXP Smart AMP. Hasilnya adalah suara yang 20% lebih kuat namun tetap rendah distorsi. Selain itu juga dukungan teknologi SonicMaster-nya dengan sertifikasi High-Res Audio. Dengan kualitas High-Res Audio 24bit/192kHz kualitas suara yang dihasilkan 4 kali lebih baik dari kualitas CD.  ZenFone Zoom juga masih ada dukungan standar DTS Headphone:X 7.1 .

Sempurna dengan Beragam Fasilitas

Zenfone Zoom S mempunyai Dual Internal MIC dengan teknologi ASUS Noise Reduction misalnya, yang mampu membantu mengurangi suara bising latar saat bertelepon. Jika pengguna memiliki SIM yang mendukung jaringan Voice over LTE (VoLTE), ZenFone Zoom pun sudah mendukung standar ini. Di Indonesia salah satu operator yang sudah menerapkan VoLTE adalah SmartFren

Ada juga sSensor sidik jari , sensor ini bisa dipakai untuk melakukan hal lain, misalnya menjawab telepon, mengaktifkan kamera atau mengambil gambar memotret. Oh iya sob, sensor sidik jari ini bisa merekam sampai 5 jari yang berbeda.

Dukungan teknologi standar WIFI IEEE 802.11 b/g/n. Teknologi N di standar ini diklaim mampu menghantarkan data sampai kecepatan 433Mbps. Sementara standar koneksi 4G LTE yang didukung oleh ZenFone Zoom S adalah Cat 7, yang diklaim memiliki kinerja jaringan sampai 300Mbps.

Zenfone Zoom S juga didukung sensor Gyroscope, Accelerometer, Proximty dan Compass tersedia di perangkat ini. ZenFone Zoom juga mendukung Virtual Reality dengan bantuan Google card board.

Hasil Foto ASUS Zenfone Zoom S






















































Spesifikasi ASUS ZenFone Zoom S


Model
ASUS ZenFone Zoom S ZE553KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 14nm processor, 8x 2.0GHz with FinFET LPP (Low Power Plus) powersaving technology
GPU
Adreno™ 506
RAM
4GB RAM
Storage
eMCP 64GB + 5GB ASUS WebStorage + 100GB Google Drive (free for 2 years)
MicroSD
Supports up to 2TB
Connectivity
802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Network
FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 8), TD-SCDMA (Band 40), WCDMA (Bands 1, 5, 8), GSM (850, 900, 1800, 1900 MHz), LTE Cat4: UL 50 / DL 150 Mbps (WW/US/BR/IN/ID version), DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
SIM Cards
SIM 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, SIM 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Dual SIM dual standby (Only use the Nano SIM card or the MicroSD card at a time). Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.
Navigation
GPS, A-GPS, GLONASS, BDSS
Display
5,5” FHD (1920 by 1080) AMOLED display, 500nits brightness, Corning® Gorilla® Glass 5 for best screen protection, Over 100% NTSC high color gamut display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch, Fingerprint and smudge-resistant oleophobic coating, Slim bezel (2.08mm), 76.5% screen-to-body ratio
Video
4K video recording (3840 by 2160) at 30fps, 1080p HD video recording at 30fps, 720p HD video recording at 30fps, 3-axis electronic image stabilization, Take still photo while recording video
Battery
5.000mAh (non-removable) + Reverse Charging
Main Camera
12MP, f/1.7 aperture Sony IMX362 sensor (1/2.55" large sensor size, 1.4┬Ám large pixel size), Focal Length 25mm, 6p lens, 82° field of view, 4-axis, 4 stops Optical Image Stabilization for steady photos, 3-axis Electronic Image Stabilization for shake-free videos, 4K UHD (3840 by 2160) 30 frame per second video recording, Color correction (RGB) sensor for the best white balance and natural-looking colors, Dual-LED real tone flash, ASUS Exclusive TriTech+ Auto Focus system with 0.03s instant focus, ASUS SuperPixel™ Technology for 2.5 times light sensitivity
Zoom Camera
12MP, 12x total zoom, 2.3x optical zoom, Focal length 59mm, 5p lens
Front Camera
13MP, Sony IMX214 sensor (1/3.06", 1.12um), f/2.0 aperture, Screen flash
Sensor
Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, RGB sensor, IR sensor, Fingerprint
OS
Android 6.0 with ASUS ZenUI 3.0, upgradable to Android 7.0 Nougat
Dimension
154.3 x 77 x 7.99mm
Weight
170 gram
Color
Navy Black, Glacier Silver

 

Review ASUS ZenFone Zoom S : Smartphone Dual Camera Mumpuni di Kelasnya Review ASUS ZenFone Zoom S : Smartphone Dual Camera Mumpuni di Kelasnya Reviewed by ASEDINO on Oktober 20, 2017 Rating: 5

Post AD