Header AD

Review ASUS Zenfone Live (ZB501KL): Smartphone Keren Buat Video Live Streaming

Halo sobat semua , kali ini saya mau membagikan ulasan Review ASUS Zenfone Live (ZB501KL): Smartphone Keren Buat Video Live Streaming... Penasaran ? Yukk langsung saja...cekidot...

ASUS Zenfone Live (ZB501KL): Smartphone Video Selfie Expert untuk Live Streaming dengan Beauty Live




Asus saya rasa cermat dalam melihat potensi pasar saat ini khususnya di lini ponsel pintar. Beberapa waktu lalu seperti yang sobat ketahui ASUS meluncurkan smartphone terbarunya yang menyasar segmen tertentu , yakni segmen kebutuhan kekinian yang lagi happening banget saat ini. Video Selfie ? Live Streaming ? langsung melirik syantik ke smartphone terbaru ASUS yakni ASUS Zenfone Live (ZB501KL) yang menyasar segmen sobat yang hobi ngelive atau video selfie seharian di sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Bigo live dan tetap syantik dengan Beauty Live.....
Biar makin kepo ... yukk mari kita bahas bareng sob...

Unboxing ASUS Zenfone Live (ZB501KL) & Kelengkapan


Sebelum ngublek si Zenfone Live , ada baiknya ngintip kardusnya ada apa saja.. Dalam paket Penjualan itu sob ada Charger, Kabel Data,  Panduan Penggunaan, Pin Ejector. Kardusnya eh box nya warna pink euy... *sengaja ambil yang pink... 








Desain Ramping, Ringan dan Female Friendly


Si ASUS Zenfone Live ini tampil dengan desain yang asyik dan apik. Ketika pertama kali melihatnya, desain metal back covernya dengan menggunakan metalic coating terlihat premium nan menawan. Ponsel ini ramping sob , punya ketebalan 7,95mm , Bezel tipis 2.3 mm dan bobot 120 gram. Kesan pertama saat mencolek – coleknya dan menggenggamnya dengan erat penuh kasih sayang ponsel ini saya rasa asyik dan ringan plus ramping. Nyaman digenggam dan tidak licin sob.



Sekilas terlintas dibenak pikiran saya nih si ASUS Zenfone Live cewek banget deh. Desain nya yang ramping , ringan terus lebih lagi kalau warna nya pink pas banget. Walaupun demikian tetep cocok juga buat sobat semua , kan ada varian warna lain seperti Navy Black atau Shimmer Gold.

Selain itu desain nya yang ramping , ringan ini memberikan kenyamanan dan kemudahan tersendiri ketika beraktivitas sepanjang hari bersama si ponsel ini khususnya kegiatan live streaming atau video selfie. Mau satu tangan ataupun berganti memegang dengan tangan kiri atau tangan kanan maupun digenggang lama karena keasyikan video selfie live streaming saya rasa oke saja.

Ada apa aja di bodi ASUS Zenfone Live



Kita ngintip di muka dulu sob , terlihat di bawah layar depan ponsel ini ada 3 (tiga) buah soft button ya seperti pada smartphone umum yang terdiri dari back, home dan multitasking. Namun sob , sayang sekali soft button tersebut tidak dilengkapi LED, kalau pas diterpapar sinar matahari atau saat gelap gelapan dimalam hari kurang sipp. Untuk yang sudah hafal bukan sebuah masalah , tinggal pencet saja sob.

Selain layar , ada Kamera depan ditemani dua buah sensor dan LED flash ditemani lampu LED indikator yang dipisahkan oleh lubang speaker. Untuk tombol power berada disisi kanan ditemani dengan tombol volume. Selanjutnya untuk lubang audio jack berada di sisi atas bersama menemani lubang mikrofon yang ada juga di sisi atas. Di sisi kiri ponsel terdapat SIMcard kekinian tipe hybrid yang jomblo karena sendiri , Cuma si sim card aja yang di sisi kiri.

Sobat mau pasang dua buah kartu SIM bisa atau memilih pasang satu buah kartu SIM dan menambahkan micro USB sebagai pilihan untuk memperbesar ruang penyimpanan data sobat.
Untuk sisi bawah, sobat akan melihat lubang speaker dengan tampilan beberapa lingkaran berjejer rapi. Tak sendirian , ternyata bersama dengan lubang charger / lubang usb. Masuk juga ke bagian belakang, kamera nya mlipir eh maksud saya berada di pojok kiri dan yang pasti ditemani LED flash yang tepat ada dibawahnya. Kurang lebih ¾ alias agak keatas sedikit ada tulisan alias logo ASUS.

Foto Produk ASUS Zenfone Live 











Layar Beresolusi HD , Lengkap dengan Fitur 2,5D


Si ponsel live streaming ini dilengkapi dengan layar fitur 2,5D sehingga layarnya agak melengkung. Saya pun coba colek colek dipinggir layarnya. Fitur 2,5D ini membuat si Zenfone Live memiliki kontur yang membulat dan sangat halus. Disisi lain memperkuat kesan layar kaca berpadu sempurna dengan diamond cut metallic chamfered edge dan lagi – lagi menambah kenyamanan tersendiri saat sobat sedang menggenggam si ponsel syantik satu ini.        
     

Untuk screen to body ratio-sendiri mencapai 75 persen ini boleh dibilang asyik dengan luas layarnya yang cukup besar. ASUS Zenfone Live ini didukung layar beresolusi HD ( 1280 x 720 ) , ketika berada dibawah terik matahari, layar si Zenfone Live ini masih terlihat dengan jelas. Selain itu untuk multisentuh ternyata bisa 10 sentuhan jari secara bersamaan.

Dapur Pacu Didukung Prosesor Quad Core dan RAM 2GB  

Untuk jeroan dapur pacunya, ASUS Zenfone Live dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 400 , quad core berkeecepatan 1,4GHz. Komponen kartu grafis pada SoC (System on Chip) didukung Adreno 305. Kapasitas memori penyimpanan internal sebesar 16GB dan tersedia pula versi 32GB. Sementara untuk RAM-nya sebesar 2GB , sudah umum sekali sih.


Selama pemakaian, saya rasa aman , mampu berjalan dengan lancar mulus serta minim lag. Penulis Saat multitasking, berpindah – pindah aplikasi seperti buat stalker Instagram, browsing, buka YouTube, sembari melihat-lihat foto di galeri, ya aktivitas normal aman. Terkadang coba buka game pun masih aman dengan banyaknya app yang terbuka. Iseng buat main game HD Need For Speed No Limits , lancar juga.

Hasil BenchMark

Antutu BenchMark




GeekBench 4




CPUZ


Multi Sentuh


Jaringan , Koneksi , Navigasi

Si ASUS Zenfone Live ini telah mendukung konektivitas 4G LTE pada kedua SIM-nya. Porji bukkk.... asyikk... pastilah.

Mengenai sisi konektifitas, ponsel ini ada semua yang dibutuhkan untuk transfer file dan data , yang kurang cuma NFC aja. Sobat bisa menggunakan Bluetooth, WiFi dan port USB yang sudah mendukung USB On The Go (OTG).

Kamera Utama 13 MP , Kamera Depan 5MP


Ponsel syantik ini dibekali dengan kamera utama beresolus 13MP yang berada di belakang plus kamera depan beresolusi 5MP , jelas ini pada bagian depan. Pasti sob untuk mengenai kamera selalu didukung teknologi PixelMaster.

Baik di kamera utama ataupun kamera depan dibekali LED Flash. Untuk angle ber selfie yakni 82 derajat , ya cukup luas sih. Masuk ke mode pemotretan, si Zenfone Live punya banyak pilihan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mode yang dimaksud itu mulai dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Low Light, QR Code, Night, Effect, Selfie, Panorama dan Time Lapse. Itu tadi kamera utama lohh ya sob. Nah kalau untuk kamera depan, mode pemotretan yang bisa diuplek uplek adalah Beautification, Auto, Night, HDR Pro, Effect, Low Light dan Time Lapse.

Beautification


Mode Beautification berguna untuk meningkatkan hasil foto wajah secara langsung dengan berbagai efek make-up termasuk pelembut dan pencerah warna kulit, blush dan koreksi warna, memodifikasi bentuk mata, sampai meniruskan bentuk pipi.

Foto atau Video Selfie & Live Streaming dengan Fitur Beauty Live

Nah fitur ini merupakan jagoan fitur pada ASUS Zenfone Live. Fitur ini membuat siapapun terlihat makin syantik saat live-streaming langsung dari ponsel pintar ini.


Aplikasi BeautyLive yang berwarna merah muda ini ketika dibuka, nantinya akan muncul tampilan seperti ketika sobat membuka kamera depan.


Yang membuatnya beda ialah , sobat disambut pilihan mode beauty 0 – 10 , ada tombol pengaturan dan ada tombol yang akan memunculkan pilihan aplikasi untuk melakukan live-streaming yakni YouTube, Instagram dan Facebook ataupun aplikasi live streaming lainnya. Kalau aplikasinya support pasti langsung masuk diarea ini. Disini bisa memilih mau menggunakan apa entah facebook atau instagram untuk melakukan video streaming.

Satu hal lagi kalau aplikasi live streaming populernya support ya sob , pasti ketika sobat membuka aplikasi live streaming populer langsung muncul pop up logo Beauty Live. Sederhananya aplikasi tersebut langsung jalan deh. Ketika diklik pun tinggal mencet pilihan mode beauty 0-10. Kalau kurang terang langsung ada ikon senter. Fitur inilah yang dinamakan dengan BeautyLive. Sekilas fungsinya mirip dengan fitur beautication ya kan ?

Live streaming , tak jauh dari soal visual maupun audio. Visual ditangani oleh Beauty Live , dan untuk Audio si Zenfone Live dibekali dengan mengintegrasikan dua buah microfon secara khusus, agar suara kita sob saat melakukan streaming terdengar baik dan meminimalkan noise dari belakang atau sekeliling kita ataupun suara orang disekitar. Misal sedang live streaming di objek wisata atau pinggir jalan.

Galeri Foto Menggunakan ASUS Zenfone Live 

Foto Malam Hari 

Indoor 

Auto

Super Resolution 

Low Light

Mode Malam 

Outdoor 

Auto

Super Resolution

Mode Malam

Mode Lampu Senter

Mode Lampu Flash 


Foto Lain 












Multimedia

Masuk ke sisi multimedia sob , untuk audio dan video player adanya bawaan dari Google. Kalau belum puas sobat tinggal undul aplikasi audio maupun video player lain favorit sobat dari Google Play untuk memainkan audio dan video yang lebih baik. Yang seneng dengerin radio juga ada aplikasi radio FM.

Ada  beberapa teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Fitur enhanced speech dan smart amplifier, memungkinkan keluaran suara dari pengguna terdengar lebih baik dan jelas. Sayangnya paket pembelian tidak menyertakan earset sehingga pengujian menggunakan earset yang berbeda menghasilkan kualitas yang berbeda.

Ada  beberapa teknologi unggulan pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon untuk meminimalkan bising yang terjadi pada saat melakukan live streaming.
ASUS Zenfone Live dibekali aplikasi AudioWizard yang mudah digunakan. Ada 4 mode yang dapat dipilih sesuai jenis suara yang sedang didengarkan, seperti: Musik, Film, Game dan Vokal. Jika tak ingin repot gonta-ganti mode, tinggal pasang saja mode Smart, dan langsung akan memilihkan mode yang tepat secara otomatis.

Sistem Operasi Android Marshmallow & ZenUI 3.5


ASUS Zenfone Live ini didukung Android 6.0 Marshmallow, saya rasa masih kalem dan lancar asyik saat colek – colek nih ponsel. Colek sana maupun colek sini , respon nya cepat dan ok sob.
Untuk tampilan antarmuka seperti biasa sob menggunakan ZenUI yang kaya fitur. Yang menarik disini , ZenUI nya sudah melakukan update ke versi 3.5 . Perbedaan utama terlihat pada icon-icon yang disediakan.




Kalau melihat aplikasi default nya sudah berubah yakni Messaging sudah menggunakan Google Messenger, browser utama nya Google Chrome, aplikasi email nya Google Mail, dan kalender nya Google Calendar.

Yang membuat ZenUI disini makin asyik sob , itu disana sobat bisa menggunakan double tap to wake and to sleep. Ini sangat memudahkan banget agar sobat gak perlu memakai alias mencet / tekan power button lagi.




ZenUI bisa dikostumisasi hingga menghasilkan tampilan yang berbeda beda sesuai selera. Mudah dan bisa langsung kepo ke toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme.
Selain itu saat ini juga sudah bisa dikostum untuk menggunakan 2 layer atau 1 layer saja. Ketika cuma menggunakan satu layer , maka seluruh aplikasi akan terletak di home screen. Lebih mudah , tinggal swipe ke kanan terus untuk memilih aplikasi. Sedangkan untuk 2 layer, akan ada app drawer yang melapisi tampilan sebelum masuk ke menu untuk mengakses aplikasi.

Oh iya ada juga Easy Mode yang asyik untuk membuat tampilan dan mengakses fitur-fitur di smartphone lebih simpel. ASUS juga menyediakan beberapa aplikasi seperti PhotoCollage , ASUS MiniMovie , ZenCircle.

Setelan 

Manajer File 

Mobile Manager , Privacy & Security , AudioWizard : Aplikasi Unggulan , Salah satu fitur ZenUI 3.5

Ada beberapa aplikasi keren yang juga sebagai salah satu fitur ZenUI 3.5.  Aplikasi yang dimaksud seperti Mobile Manager , Privacy & Security , AudioWizard.



Mobile Manager dapat membantu mengoptimalkan baterai dengan fitur Power Saver yang ada. Lewat fitur ini, bisa juga untuk memilih mode baterai sesuai kebutuhan. Ada juga fitur Boost untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan hanya dengan satu tap. Ada juga fitur Super Boost yang dapat melindungi memori utama dari konsumsi aplikasi yang berjalan otomatis.

Nih masih sepaket Mobile Manager , ada fitur Cleanup. Dengan fitur ini aplikasi akan mencari aplikasi yang jarang dipakai dan menyarankan untuk melakukan uninstall. Aplikasi akan diurutkan berdasarkan waktu terakhir kali dan frekuensi akses oleh pengguna.



Ini gak boleh ketinggalan ada Privacy & Security yang bisa menyelamatkan data pengguna dari tangan jahil usil , tukang bajak dll. Lewat fitur ini, membantu bersih – bersih sampah dan memberikan saran untuk melindungi aplikasi dari “tukang intip” pihak ketiga dan memberi informasi aplikasi apa yang berpotensi mengintip.


Eitzz ada AudioWizard bisa colek colek setelan efek tingkat lanjut (Advanced Effect) buat yang pengen menyesuaikan tingkat kekuatan suara (volume), Bass, Treble dan komponen Equalizer lain.



Baterai

Zenfone Live dibekali baterai sebesar 2.650mAh. Baterainya dapat bertahan dan sanggup mendukung aktivitas seharian ya pada umumnya. Kalaupun untuk aktivitas seharian super padat cenderung bawaannya was was baterai kehabisan. Jangan lupa siapkan powerbank sob... siap siap loh ya..




Baterai ASUS Zenfone Live

Pemakaian Seharian

Detail
Kartu SIM Aktif Siaga , Tanpa Koneksi Internet 4G/3G , Aktif SMS & Telepon ( Biasa ) , Dengan Koneksi Wifi , Terhubung Sosial Media ( Facebook & Instagram ) tanpa Whatsapp , BBM , Line Penggunaan Dokumentasi Foto & Video ( Biasa )

Konsumsi Baterai
Dari 100% ( Pagi Hari ) , jeda siaga terhubung wifi sisa 43% / 14 jam lagi ( pagi hari esuknya : pukul 5 pagi )

Perhitungan Lain
 Bermain Game HD ( Need For Speed : No Limits ) selama 4 menit , konsumsi baterai berkurang 1% dengan pencerahan otomatis , internet aktif terhubung wifi.
Menonton film / video HD dengan volume suara 35%, pencerahan otomatis ( khusus untuk membuka galeri “Foto & Video” cenderung sangat cerah sekali ) selama 113 menit dan konsumsi baterai berkurang 23%
Mendengarkan radio online terhubung internet koneksi wifi dengan volume suara 85%, pencerahan otomatis selama 6 menit dan konsumsi baterai berkurang 2 % 

Penyimpanan ASUS Zenfone Live

Internal
Ada yang 16GB atau yang lebih gede lagi yakni 32GB. Semua sudah termasuk 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)

Eksternal
Sampai berapa sob kartu microSD nya ?  Tenang si ASUS Zenfone Live ini mendukung kartu Micro SD hingga kapasitas 128GB.



Kelebihan ASUS Zenfone Live :

  • ·         Harga 1jutaan ( 1,799jt )
  • ·         Video Selfie untuk Live Streaming dengan Beauty Live
  • ·         Sistem Operasi Android 6.0 MarshMallow
  • ·         Mendukung USB OTG

Kekurangan ASUS Zenfone Live  :

  • ·         Tidak ada Fingerprint
  • ·         Tidak mendukung Gyroscope
  • ·         Belum mendukung fast charging

Kesimpulan

Saya rasa memang tepat si smartphone ini sebagai “Beauty Smartphone for Beauty Women”. Over all untuk semua lah , ASUS Zenfone Live ZB501KL  ini oke dan joss untuk video selfie , live streaming plus kegiatan sehari hari secara umum di kelasnya ( Pengen lebih , beda kelas ya sob ). Terlebih lagi harganya cukup terjangkau, kelas satu jutaan yakni ASUS Zenfone Live ZB501KL Rp 1.799.000,- saja

Spesifikasi ASUS Zenfone Live ZB501KL

Model
ASUS Zenfone Live ZB501KL
CPU
Qualcomm Snapdragon @1.40 GHz
GPU
Adreno 305
RAM
2GB
Storage
16GB / 32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
Micro SD
Yes (up to 128GB)
Connectivity
802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network
2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4G Band 1/3/5/8, TDD Band 40
DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5” HD (1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits
Video
Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Battery
Lithium-Polimer 2650mAh Li-ion battery (non-removable)
Main Camera
13MP Camera, Fix Focus, Auto Focus, LED flash
Front Camera
5MP
Sensor
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint
OS
Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimension
141.18 x 71.74 x 7.95mm
Weight
120g
Warna
Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.


Review ASUS Zenfone Live (ZB501KL): Smartphone Keren Buat Video Live Streaming Review ASUS Zenfone Live (ZB501KL): Smartphone Keren Buat Video Live Streaming Reviewed by ASEDINO on Juli 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD