Selasa, 06 Juni 2017

Microsoft Buat Sensor Kamera Lengkung ?

Halo sob , sudah pada tau belum kalau raksasa software dunia yakni Microsoft ternyata sibuk mengembangkan teknologi sensor kamera berbentuk melengkung (curved sensor).



Source : microsoft.com
Ternyata, Microsoft ini sudah mengembangkan sampai tahap membuat kamera yang dibekali sensor lengkung tersebut. Konon kabarnya , hasil jepretan gambarnya itu diklaim memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan kamera DSLR kelas atas.

Nah sensor kamera lengkung ini ya seperti retina di belakang mata manusia, dimana sensor curved mengikuti bentuk bidang proyeksi lensa yang memang melengkung secara alami.
Dan yang asyik ialah lensa kamera pun bisa dibilang gak perlu repot untuk dibuat rumit hanya untuk mengoreksi hasil proyeksi seperti yang diperlukan apabila sensor berbentuk secara umum yakni berbentuk datar.

Source : petapixel.com
Dengan sensor melengkung itu koreksi optis bisa dilakukan dengan jauh lebih efisien sehingga mempermudah pembuatan lensa wide-angle yang tajam di seluruh bidang gambar, selain itu juga lensa berbukaan lebar yang menghasilkan gambar low-light yang lebih baik .

Nah yang keren lagi tingkat iluminasi yang merata di keseluruhan frame pun lebih mudah untuk diwujudkan dengan memakai sensor melengkung.

Dalam prosesnya Microsoft ini menggunakan tekanan pneumatic untuk membuat sensor melengkung dari sensor CMOS yang sebelumnya telah dipipihkan. Tenang , proses ini tidak mengubah kelistrikan sensor maupun karakter tangkapan gambarnya.

Perlu sobat ketahui , dengan semakin jauh dari titik tengah frame, biasanya kualitas tangkapan kamera bersensor datar akan makin menurun dan menjadi tidak tajam. Namun ternyata ini tidak terjadi  dengan sensor melengkung. Malah di daerah pinggiran frame, hasil gambar sensor melengkung diklaim 5 kali lebih tajam apabila dibandingkan dengan hasil dari DSLR. Ini berdasarkan laporan yang diungkap The Optical Society.

Satu hal lagi sob , dimana Microsoft mengungkapkan tim nya memakai sensor berukuran 1/2,3 inci dalam eksperimen sensor melengkung. Namun, proses pembuatannya juga bisa diterapkan di sensor kamera dengan ukuran lain, termasuk dalam APS-C.


Eitz...ini gak boleh ketinggalan sob.. Microsoft mengungkapkan lagi bahwa kamera  bersensor melengkung untuk saat ini belum akan hadir di pasaran. Seperti yang sobat ketahui masih banyak pengembangan dan penyempurnaan yang diperlukan sebelum sensor kamera lengkung itu bisa diproduksi secara massal dan hadir di pasaran. 

via Berbagai Sumber ( Termasuk microsoft.com dan petapixel.com ) 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon