Jumat, 18 November 2016

Google PhotoScan Era Baru Digitalkan Foto Lama Alias Foto Jadul

Halo sob ,  Google baru – baru ini merilis PhotoScan. Nah penasaran apa itu ? Langsung saja yukk ..cekidot sob...

Aplikasi Baru : PhotoScan By Google Photos

[caption id="" align="aligncenter" width="810"] Source : www.pcmag.com[/caption]

Sulap Dan Ubah Foto Lama ke Bentuk Digital Dengan Google PhotoScan

[caption id="" align="aligncenter" width="700"] Source : www.geeky-gadgets.com[/caption]

Sobat pasti punya bahkan menyimpan koleksi foto lama hasil dari kamera jadul yang menggunakan film. Itu lho sob … Nah bisa jadi itu foto-foto ketika sobat masih kecil atau koleksi foto kenangan orang tua sobat ketika masih remaja. Bisa dibilang sob , pada era tersebut mungkin belum banyak kamera – kamera keren , canggih dan kekinian seperti saat ini. Ya , kalaupun ada sih , mungkin saja pada zaman dahulu harganya bisa menguras kantong dan tenaga serta pikiran.

Masalahnya akan terasa sekali sob , dalam hal ini sobat akan sangatlah rempong gilak jika sobat harus memindai atau scan foto tersebut satu persatu. Kalau kata orang tua saya , biasanya foto itu direpro disebuah tempat khusus foto. Apabila kamu foto langsung mungkin bisa saja kualitasnya akan kurang baik karena efek – efek tertentu yang timbul misalnya saja glare atau silauan yang muncul pada hasilnya.

Google baru – baru ini meluncurkan layanan keren bernama PhotoScan. Seperti namanya sob, layanan tersebut bisa menyulap eh maksud saya seperti halnya mesin pemindai alias scanner. Namun dalam hal ini adalah scanner yang bisa digunakan secara mobile di mana pun dan kapan pun sobat berada.

Aplikasi ini mungkin sebenarnya bertujuan mengajak sobat semua untuk mendigitalisasi cetakan foto-foto jadul atau foto – foto lama sobat yang mungkin telah usai atau foto lama yang masih berwujud fisik. Hal ini dikarenakan, koleksi foto fisik ini sangat berisiko hilang atau bahkan rusak.

Oh iya aplikasi terpisah ini dikembangkan oleh tim Google Photos dan Sobat bisa langsung mencicipinya alias mencobanya dengan terlebih dahulu mengunduh nya karena aplikasi ini sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.

Menggunakan Google PhotoScan

Usai sobat mengunduhnya dari PlayStore, Langkah selanjutnya adalah ketika sobat membuka aplikasi, disini sobat bakal disuguhi tampilan antarmuka yang terbilang simpel dengan langkah penggunaan yang cukup sederhana. Bahkan dalam hal ini sobat ndak akan diminta untuk mendaftarkan diri atau sign up kembali. Aplikasi PhotoScan ini sudah langsung mengidentifikasi identitas sobat lewat akun Google yang telah tersambung sebelumnya yang ada di ponsel sobat.

Cuma ada tampilan kamera beserta tombol pemindainya untuk memindai foto fisik. Dalam hal ini sebenarnya tidak hanya untuk foto saja, namun sobat juga bisa memindai dokumen penting, misalnya yaitu paspor ataupun KTP.

Yang terpentu sobat hanya perlu memposisikan foto atau dokumen penting milik sobat di kotak pemindai PhotoScan di layar aplikasi, selanjutnya tekan tombol pemindai di layar sebelah bawah.

Kemudian Aplikasi akan memunculkan empat bulatan putih yang harus dibidik satu persatu oleh lensa kamera. Nah tiap membidik satu bulatan ini , sobat harus menunggu dan menunggu *eh enggak sob cukup menunggu aja sob hingga bulatan itu terisi penuh dengan warna biru.

Akhirnya…Jreng jeng sob si PhotoScan ini akan memproses gambar dan sobat bisa melihat hasilnya dengan menekan ikon di samping kanan tombol pembidik. Singkatnya gini sob PhotoScan akan secara otomatis mendeteksi bingkai, meluruskan foto, memutarnya ke rotasi yang akurat, dan menghilangkan “silau” ataupun efek nakal alami yang suka muncul saat sobat memotret foto dengan smartphone.

Semua foto yang sudah dipindai dapat disimpan dengan sekali tap saja ke Google Photos, untuk diorganisasi, dicari, dibagi, dan disimpan ke Google Drive secara gratis. Atau sobat bisa menyimpan hasil pemindaian itu ke Google Photos dengan opsi pilihan yang ditawarkan oleh PhotoScan. Tentu saja, disini sobat juga bisa memilih untuk menyimpan foto hanya di galeri ponsel pintar milik sobat, ataukah langsung membaginya ke akun media sosial seperti halnya langsung masuk ke Google Photos tadi sob.

Belum selesai sob, Berbarengan dengan rilisnya aplikasi PhotoScan, Google juga meluncurkan 3 fitur baru untuk Google Photos sendiri agar hasil PhotoScan bisa lebih baik lagi. 3 Fitur baru tersebut yaitu Auto Enhance, 12 filter machine inteligence, serta kontrol cahaya dan warna.

Pertama, melaluin Auto Enhance kini sobat sebagai pengguna bisa memilih Auto, dan Google Photos akan secara otomatis menyeimbangkan exposure dan saturation untuk membuat dan menghasilkan detail foto yang lebih nyata.

Kedua, 12 filter machine inteligence yang dikembangkan ini berfungsi untuk secara otomatis dianalisa dan diperbaiki sesuai kekurangan dan kelebihan foto yang sobat pilih dan inginkan, misalkan seperti brightness, darkness, warmth, atau saturation, sebelum filter diaplikasikan.

Terakhir, kontrol untuk Light dan Color, di mana memungkinkan sobat semua untuk mengatur dan bermain dengan highlights, shadows, dan warmth dan juga Deep Blue. Misalnya, hal ini akan sangat ideal untuk foto objek lautan ataupun foto dengan objek langit.

Ternyata sob , selain dapat diunduh melalui PlayStore milik Google untuk perangkat ponsel pintar berOS Android maupun Appstore milik Apple untuk perangkat ponsel pintar berOS iOS, aplikasi ini juga tersedia dalam versi desktopnya sob.

Nah menurut sobat bagaimana? Monggo sob , Selamat mencoba….

https://www.youtube.com/watch?v=MEyDt0DNjWU

 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon