Duo Pixel Dengan Nexus , Beda nya?

Halo sob , kehadiran Duo Pixel ini membuat banyak pertanyaan terlintas dibenak penggila gadget seperti halnya apa sih perbedaan mendasar antara Pixel dan Nexus ? Langsung saja … cekidot sob…

[caption id="" align="aligncenter" width="720"] Source : http://www.telegraph.co.uk/[/caption]

Google tidak seperti biasanya meluncurkan varian ponsel pintar tanpa embel-embel "Nexus", melainkan "Pixel". Pertama kali nya Google melakukan hal demikian. Banyak yang memperkirakan bahwa kehadiran Pixel ini menandakan akhir hayat Nexus, meskipun Google sendiri belum mengiyakan atau menyatakan secara tegas terkait hal ini sob.

Andaikan Google berkehendak Nexus benar-benar ingin dihentikan, tentunya Pixel harus hadir sebagai pengganti, bukan sekadar pelengkap. Lalu, apa sih perbedaan yang paling signifikan antara duo Pixel ini dengan varian Nexus ?

Mari kita bahas sob , mulai dari …..

1.Peningkatan kualitas

Terkait hal ini sob terdeteksi bahwa smartphone seri Pixel membawa peningkatan kualitas dari seri sebelumnya yaitu Nexus. Kalau melihat dari sektor fiturnya, ponsel ini memang nampaknya dibuat dengan konsep premium.

Tak cuma memiliki kamera dengan skor yang terbilang fantastis sebesar 89 di DxOMark, duo Pixel ini juga dilengkapi kapasitas penyimpanan awan yang luar biasa besar yaitu tanpa batas sob . Nah belum lagi duo Pixel ini adalah ponsel pintar pertama yang dibekali Google Assistant didalamya sob. Masih ada lagi sob , ponsel ini didukung teknologi virtual reality yang konon tercanggih yaitu Daydream, dan pengisian daya baterai si ponsel yang super cepat.

Sistem operasi yang disematkan kedalamnya adalah versi Android Nougat teranyar yang telah dimodifikasi khusus oleh Google dan sepertinya memang hanya diperuntukan bagi pengguna Pixel.

2. Dibuat oleh Google alias made by Google

Seperti yang diketahui selama ini, Google selalu menggandeng mitra untuk merancang dan membuat varian ponsel pintar seri Nexus. Beberapa vendor ponsel dunia seperti Samsung, Asus, HTC, LG, dan Huawei, pernah berperan sebagai perancang dan produsen ponsel Nexus.

Nah, kalau melihat dari rekam jejak Pixel, tablet Pixel C dan Chromecast Pixel merupakan beberapa perangkat yang memang dibangun Google sendiri. Boleh dikatakan tak ada mitra yang terlibat pada proses desain produk.

Prinsip ini pun ternyata dipertahankan pada duo ponsel pintar teranyarnya yaitu Pixel dan Pixel XL . Google pun menggunakan jargon "made by Google" alias bisa dikatakan ini "dibuat oleh Google" pada acara peluncurannya baru – baru ini.

Memang untuk Pixel dan Pixel XL sendiri dirakit di pabrik vendor ponsel dunia asal Taiwan yaitu HTC. Namun seperti yang telah diungkap sebelumnya untuk rancangan hardware dan software sepenuhnya di tangan Google.

Pada akhirnya alias mungkin sebuah kesimpulanya adalah Pixel ini dirancang sebagai hardware tingkat lanjutan dari seri sebelumnya yaitu Nexus. Selain diklaim sebagai varian yang berkualitas lebih baik dari pendahulunya, Pixel juga merupakan karya pemikiran penuh Google, bukan lagi kolaborasi ide dengan vendor lain. Namun untuk kedepannya akankah kekeuh , hanya Google yang tau.