Jumat, 03 Juni 2016

Perubahan Zenfone 3 Dalam Sisi Desain

Seperti yang sobat ketahui, masih anget – angetnya nih beberapa waktu lalu tepatnya pada 30 Mei 2016 kemarin dalam acara Zenvolution di ajang Computex 2016, Asus memperkenalkan dan sekaligus meluncurkan beberapa produk andalan terbarunya salah satu diantaranya adalah ASUS Zenfone 3. Seperti yang telah lalu , ASUS tidak hanya merilis satu varian saja tetapi banyak varian yang menambah deretan smartphone terbaru di tahun ini. ASUS merilis Zenfone 3 dengan beberapa varian yaitu Zenfone 3 ( ini yang versi biasa atau istilahnya regulernya ) , Zenfone 3 Ultra ( ini versi menengahnya dari Zenfone 3 , dan kalau tidak ini buat kelas multimedia ) , yang varian terakhir ini adalah seri tertinggi yang kemarin diperkenalkan ke publik oleh ASUS yaitu ASUS Zenfone 3 Deluxe. Tentu dalam hal ini tidak menutup kemungkinan sob , seperti saat Zenfone 2 akan ada beberapa varian yang keluar , tenang ini baru awalan sob.

zenfone3models

Kemudian dengan diperkenalkannya ASUS Zenfone 3 ini menandakan bahwa ASUS sendiri semakin memperkuat posisinya di pasar ponsel dunia tentunya seabagai vendor ponsel kelas Dunia. Hadirnya ASUS Zenfone 3 ini dengan tampilan yang sangat berbeda dari sebelumnya dan dengan peningkatan kuliatas material dan spesifikasi monster secara tidak langsung membuktikan perubahan besar telah dilakukan oleh ASUS dan nampaknya telah melalukan langkah yang lebih jauh dari perjalanan dalam seri – seri ASUS Zenfone sebelumnya.

“Upgrade” besar spesifikasi di seri Zenfone ternyanyar ini , ASUS mempersenjatai varian Zenfone 3 terbaru ini dengan spek monster. Nah seperti apa spek monster yang ditawarkan varian Zenfone 3 yang membuatnya menjadi tampil beda. Namun sebelum itu sobat sabar dulu ya kali ini saya akan mengulas sisi perubahan desain yang ada pada varian terbaru dari ASUS Zenfone 3 ini. Oh iya desain tampilan yah disini.



[caption id="" align="aligncenter" width="278"] Zenfone 3 Versi Reguler[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="209"] Zenfone 3 Ultra[/caption]

Dalam hal sisi desain yang membuat varian ASUS Zenfone 3 ini tampil beda adalah sekarang ini mengusung desain metal ( lebih ke alumunium ), desain baru ini kesannya keren. Perangkat ini jadi terlihat keren dan kinclong – kincklong mengkilat. Selain itu mungkin ini satu kesan yang ingin yang ditampilkan oleh ASUS pada perangkat teranyarnya yaitu kesan premium. Namun saya melihat di bagian kamera yang zenfone 3 reguler dan zenfone 3 deluxe ini rada unik ya , kayak buat ngintip gituh tetapi sejauh ini tetep bagus kok sob.

Menggunakan desain Zen , kemudian dalam varian Zenfone 3 ini juga menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 2,5D. Ketebalan si varian ini termasuk lebih tipis bahkan tipis mulai dari 7.69mm untuk Zenfone 3 , kemudian 6.8mm untuk Zenfone 3 Ultra , setelah itu 4.2mm untuk Zenfone 3 Deluxe yang paling slim alias paling tipis ketebalannya.

Peletakan tombol , kamera , port , speaker kemudian beberapa tambahan fitur mempengaruhi desainnya. Desain yang membuatnya tampil beda ini kalau saya melihatnya seperti beberapa perpaduan ponsel yang ada saat ini terutama di seri ponsel kelas mengenah atas , sebut saja iphone dan seri kelas menengah atas Samsung.

Melihat secara sekilas ketiga varian Zenfone 3 ini terlihat mirip , namun demikian apabila dilihat secara seksama maka akan terlihat perbedaannya. Seperti untuk kedua varian dari Zenfone 3 ini yaitu Zenfone 3 versi reguler dan Zenfone 3 Deluxe.

Tampilan Belakang

[caption id="" align="alignnone" width="733"] Zenfone 3 Deluxe[/caption]

Zenfone 3 , untuk desain tampilan belakang nya terlihat seperti ada unsur “Iconic Concentric Design” , lebih datar sepertinya menghilangkan unsur melengkung. Tidak lupa ada lapisan 2,5D Corning Gorilla Glass yang ada dibelakang yang saya ulas diawal tadi. Peletakan posisi kamera , masih sama, ada ditengah ( bukan ditengah – tengah si ponsel ini lho ya ). Disebelah kanan  kamera , ada tiga lampu kilat , kemudian disisi kiri ada laser. Oh iya posisi tersebut sesuai saat ponsel ini terlihat penuh di bagian belakangnya. Selanjutnya untuk tulisan “ASUS” peletakannya sama seperti varian tertinggi Zenfone 3 Deluxe.

Sedangkan untuk Zenfone 3 Deluxe , untuk desain tampilan belakang nya terlihat  lebih kalem namun seperti ada texture nya namun menurut saya texture nya ini kayak texture pasir halus gitu , untuk varian ini terlihat sedikit melengkung. Peletakan posisi kamera , masih sama, ada ditengah ( bukan ditengah – tengah si ponsel ini lho ya ). Nah ini yang membuat Zenfone 3 versi regular biasa dengan Zenfone 3 Deluxe berbeda. Disebelah kanan  kamera , ada laser, kemudian disisi kiri ada tiga lampu kilat. Selanjutnya untuk tulisan “ASUS” peletakannya sama seperti varian tertinggi Zenfone 3 Deluxe.

Selanjutnya untuk ASUS Zenfone 3 Ultra , untuk desain tampilan belakang nya terlihat  mirip seperti gabungan antara sony xperia + iphone 6 + zenfone 2, namun tetap terlihat manis dan keren dipandang. Kemudian untuk varian ini terlihat lebih datar. Peletakan posisi kamera , berbeda dengan versi sebelumnya dan varian yang sama – sama teranyar, ada dikiri pojok atas. Nah ini yang membuat Zenfone 3 Ultra , Zenfone 3 versi regular biasa dengan Zenfone 3 Deluxe berbeda. Disebelah sebelah pojok kiri atas ada kamera kemudian selanjutnya ada laser, kemudian  disebelahnya lagi ada tiga lampu kilat. Selanjutnya untuk tulisan “ASUS” peletakannya sama seperti varian zenfone sebelumnya yaitu Zenfone 2. Oh iya di belakang ada tombol volume dengan lingkaran khas ASUS “Iconic Concentric Design”.

Tampilan Samping

[caption id="" align="alignnone" width="1778"] Zenfone 3 Deluxe[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="592"] Zenfone 3 Ultra[/caption]

Zenfone 3 dan Zenfone Deluxe, untuk desain tampilan samping nya terlihat melengkung mirip iphone. Peletakan posisi tombol kunci , volume , disebelah kanan ( kalau dari tampilan depan ) , ada tombol volume disisi sebelah atas , kemudian masih diposisi yang sama dengan tombol volume tapi berada pas dibawahnya ada tombol kunci. Selanjutnya disebelah kiri ada tempat untuk sistem hybrid ( bisa untuk simcard atau microsd ). Sedangkan untuk Zenfone 3 Ultra disisi samping hanya ada tombol kunci saja. Oh iya lupa untuk sisi samping atas terdapat port atau jack audio ( maaf ya sob kalau salah ) untuk ketiga varian ini , kemudian disisi bawah ketiga varian ini sama sama terdapat dua lubang speaker , ditengah – tengah nya terdapat port usb.

Tampilan Depan ( Bagian Atas )

Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe, untuk desain tampilan depannya sama - sama terlihat seperti ada unsur “Iconic Concentric Design”. Tidak lupa ada lapisan 2,5D Corning Gorilla Glass yang ada didepan yang saya ulas diawal tadi. Peletakan posisi kamera depan , sensor dan speaker, berbeda untuk ketiga varian ponsel ini. Untuk Zenfone 3 versi reguler disebelah kanan  speaker , ada sensor kemudian ada kamera depan secara berurutan. Untuk Zenfone 3 Ultra ,  disebelah kanan  speaker , ada sensor kemudian untuk kamera depan ada di sisi kiri berjauhan dengan speaker dan sensor. Untuk Zenfone 3 Deluxe , disebelah kanan  speaker , ada sensor namun agak berjauhan kemudian untuk kamera depan ada di sisi kiri yang juga berjauhan dengan speaker dan sensor. Selanjutnya untuk tulisan “ASUS” peletakannya tidak ada dan tidak ditemukan , ketiganya kompak tidak terdapat tulisan atau logo ASUS.

Tampilan Depan

[caption id="" align="alignnone" width="1168"] Zenfone 3 Ultra[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="1538"] Zenfone 3 Versi Reguler[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="1401"] Zenfone 3 Deluxe[/caption]

Tampilan Depan ( Bagian Bawah )

Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe, untuk desain tampilan depannya sama - sama terlihat seperti ada unsur “Iconic Concentric Design” yang bagian bawahnya. Peletakan posisi tombo sentuh kapasitifnya sama,yang  berbeda untuk kedua varian ponsel ini adalah untuk Zenfone 3 versi reguler area janggutnya standar kemudian untuk Zenfone 3 Deluxe , area janggutnya lebih besar , terlihat tombol kapasitif berjarak cukup jauh dengan layar. Untuk Zenfone 3 Ultra , perletakan tombol nya sama cuman untuk tombol home nya tipe conventional ( tipe pencet ) , kalau gak salah tombol home ini berfungsi ganda untuk fitur fingerprint.

Gimana ? Banyak juga perubahannya kalau dibanding seri sebelumnya.

Nah bagi sobat yang pengen memboyong ponsel ini kerumah , oke mengenai harganya sendiri. ASUS membandrol ketiga ponsel tersebut dengan harga mulai dari 249 dollar AS atau setara Rp 3,3 juta untuk Zenfone 3, lalu 499 dollar AS atau setara Rp 6,8 juta untuk Zenfone 3 Deluxe, dan 479 dollar AS atau setara Rp 6,5 juta untuk Zenfone 3 Ultra.

Secara desain memang lebih baik dari sebelumnya tentu saja. Sisi desain ini meningkat di mana ASUS menggunakan material lebih premium dan upgrade berbagai hal di sisi desain. Namun hal itu memang membuat kesannya harga menjadi lebih mahal ( ndak juga sih memang harganya sedikit lebih mahal ) dan mungkin membuat sebagian orang mengurungkan niatnya tetapi gak ada salahnya sob , buat memboyong si Zenfone 3 ini kerumah.

Nah untuk pasar Indonesia , kemungkinan akan hadir pada akhir tahun ini. Tenang sob , yang sabar, tunggu tangal mainnya.

Bye Bye Setrika ( Baca selengkapnya disini )

Halo ASUS Zenfone 3 ( Baca selengkapnya disini )

Halo ASUS Zenfone 3 Ultra ( Baca selengkapnya disini )

Halo ASUS Zenfone 3 Deluxe ( Baca selengkapnya disini )

Trio Jagoan Terbaru ASUS : Zenfone 3 Cs Spek Monster ( Baca selengkapnya disini )

 

 

 

 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 comments


EmoticonEmoticon