Header AD

Efek Harbolnas

Efek harbolnas , serius ngefek ..simak selengkapnya yahh



[caption id="attachment_987" align="alignnone" width="474"]hari-belanja-online-nasional-1212-2015 (1) Sumber Gambar: harbolnas.com[/caption]

Hari Belanja Online Nasional atau singkatnya HarBolNas atau kalau diluar negeri biasa dikenal dengan ‘Cyber Monday‘ atau ‘Black Friday‘ di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. Event / kegiatan tahunan ini sudah berlangsung beberapa kali , dihitung – hitung sudah 4 kali sampai ( tahun ini , tahun yang ke-empat ). Diselengarakan pertama kali pada tahun 2012 , awalnya memang masih sedikit dengan tujuh e-commerce saja meliputi LAZADA,ZALORA , BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola. Dan di Tahun 2015 sekarang ini yang masuk tahun penyelengaraan event ini yang ke-empat kalinya , ada lebih dari 140 e-commerce yang ikut berpartisipasi meramaikan event ini. Adakah efek untuk kita ? pastinya ada lah untuk efeknya. Mari bahas lebih lanjut.

Sebelum bahas, lebih lanjut… Persiapkan segelas air putih atau boleh juga secangkir Kopi (*tinggal sruputtt) , beberapa cemilan dan terakhir duduk lah di tempat yang sejuk baru lanjut nyimak.. Lohh ini ngapain? Becanda loh ya, maksudnya gini kita bahas yang ringan aja, tenang dan adem ayem biar nikmat..

Jeng..jeng..lanjut.. bicara efek ? yah efek ? Beginiloh.. Penyakit dan keadaan yang biasanya sering menjangkit saat diskonan eh Harbolnas ini adalah sebagai berikut:

  1. Lupa Diri


Biasanya gini , woy itu , wahh manteb nih , ambil sana ambil sini. Singkatnya lupa mengontrol diri.

  1. Tagihan “Pembayaran” Menumpuk


Nah , habis lupa diri terus menumpuklah segunung tagihan pembayaran dari toko ini itu.

  1. Pusing Season 1


Tagihan “Pembayaran” yang menumpuk membuat kita jadi ribet bahkan pusing karena harus bayar satu persatu dan apalagi tokonya beda-beda.

  1. Kanker alias Kantong Kering


Nah , habis lupa diri terus bayar sana sini terbitlah “kantong kering”. Dompet beserta isinya terancam bahkan punahh. Loh kok bisa ? lha gini lho jadi gesek atm sana sini buat transfer buat bayar tagihan “pembayaran” dari seluruh daftar belanjaan. Kartu kredit pun juga jadi korban( nasib nya sama deh)

  1. Pusing Season 2


Karena kantong kering alias duit habis , yau udah deh pusing. Ada lagi juga kalau barang udah pada dating eh datang semua , bakal pusing lagi mengatur ini itunya saking banyaknya barang.

Poin penyakit tambahan, berefek pada terjadi overload di semuanya. Maksudnya disini adalah ada dua :

  1. Overload untuk Paketnya.


Lihat saja , apa yang terjadi di kantor – kantor jasa pengiriman paket. Terlihat banyak tumpukan paket yang menggunung , antara berkah / untung dan banyak kerjaan, ya gak ? Hahaha

  1. Overload Website e-commerce


Kejadian ini tentunya bisa terjadi jika pengunjung membludak / melebihi kapasitas atau kekuatan dari website itu sendiri otomatis akan jebol bin down *eh. Jelas banget lha yang ngunjungi ada bisa jutaan lebih. Apalagi diperparah dengan jika tidak adanya persiapan yang matang dari pemilik / pengelola website.

Dari banyak penyakit itu , intinya adalah berujung pada ke Malasan atau kurang produktif untuk kita ( seperti yang diungkapkan CEO BukaLapak lewat iklan kreatifnya ). Sebabnya ya itu tadi kita disibukan hal – hal itu belum penyakit diatas tadi.

Masih bicara efek Harbolnas , ada juga lohhh efek positifnya ( yang diatas bukan maksud efek negative loh tapi lebih kepada penggambaran atau penyakit yang sering terjadi ). Efek nya sebagai berikut:

  1. Semangat Kerja


Lha jelas banget , habis duit habis dan lain – lain. Semangat kerja pun meningkat , itung – itung buat hiburan juga bisa.

  1. Jadi Belajar Akan Suatu hal


Ini sangat jelas , mau sudah terkena penyakit- penyakit itu apa belum. Pada dasarnya kita kan belajar sesuatu misal seperti tadi , terkena beberapa penyakit itu kita jadi lebih belajar Oh gini ya , Oh begitu yah. Kalau kumat terus berarti Dambleg ( itu lohh udah tau akibatnya masih dilakukan terus ) , ya harap maklum semua harus belajar.

Belajar juga menghapai hal-hal seperti ini gak hanya untuk Harbolnas saja , ada juga seperti Great Sale, Mid Sale, dan kawan - kawannya . Maksudnya adalah belajar untuk sabar atau tahan godaan atau lebih kepada mawas diri. Apakah kita tergoda oleh Harbolnas atau pun tidak ? Tergoda , iyalah cuman bagaimana kita menyikapinya dengan bijak. Semua itu belajarlah , jadi belajar bagaimana menyikapinya , seperti belajar gimana sih agar bisa lebih terkontrol atau masih banyak lainnya.

Apalagi sekarang kan sudah masuk era digital , semua informasi bisa didapat dengan mudah. Ada banyak informasi tentang bagaimana cara mengatasi keuangan dengan bijak,tips belanja dan paling utama di Harbolnas ini.

Bagaimana kalau emang doyan belanja, borong sana sini  ya pasti bakal tetep belanja dong ( memang suka mengakar ) Iya kan ? Yam au bagaimana lagi , ya udah. Balik ke diri sendiri , dan juga se kreatif kita mencari celah atau solusi gimana buat mengatur agar tidak kebablasan ( kontrol diri sendiri / mawas diri , dan lagi lagi intinya kita belajar lagi )

  1. Mendapat Barang yang diinginkan eh dibutuhkan , dan yang mungkin dulu susah dapat serta belum tentu juga.


Kita pengen atau lagi butuh banget barang eh kok mahal semua eh kok susah dapatnya , dan tau – tau ada Harbolnas dan cek di salah satu e-commerce dan ternyata ada. Siapa yang gak seneng ? Terus beli deh , udah selesai dan kebutuhan pun tercukupi.

Oh iya apa sih tujuan atau ide dibalik Hari Belanja Online Nasional atau HarBolNas ini ?  HarBolNas merupakan hari perayaan atau kegiatan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online (daring) dengan aman dan nyaman. Jadi secara singkatnya maksud yang saya tangkap , lebih kepada sebuah dorongan dan edukasi , agar masyarakat mengeal belanja online , dan kemudahan yang didapat saat berbelanja secara online yang tentunya juga aman dan nyaman.

Masyarakat tidak takut lagi untuk belanja online ( lebih mengenal , tau dasar nya dan seluk beluknya ). Dan tidak menuju pada konsumerisme dan mengubah/memindahkan secara keseluruhan model belanja konvensional ( datang dan membeli di toko ) dengan model sekarang ( belanja online ). Untuk kedepannya apakah seperti itu saya kurang ngerti , tapi lihat perkembangan saja lah, betulkan ?

Saya melihat Harbolnas ini yang sudah memasuki Tahun Ke-empat berhasil , buktinya kemeriahan perayaan HarBolNas juga sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu hingga hari ini di jejaring sosial.

Ya pada intinya dan saya menyisipkan suatu hal ( pesan ) , bahwa apapun itu balik lagi ke diri sendiri bagaimana kita menyikapinya dan juga lebih kepada mawas diri. Tambahan juga kesemuaanya itu harus dipersiapkan secara matang.

Selamat Menikmati dan memeriahkan Harbolnas. Semoga berkah dan beruntung mendapat cash back maupun promo menarik.

Oh iya untuk info lebih lanjut Harbolnas silakan kunjungi link berikut ( bukan promosi HArbolnas lho ya ):

Website Harbolnas ( klik disini )

 

 

 

 

 

 

 
Efek Harbolnas Efek Harbolnas Reviewed by ASEDINO on Desember 11, 2015 Rating: 5

Post AD